KAWASAN PADA AMATAN KLA (SONGDO CENTRAL PARK)


    Pengamatan yang saya lakukan berlokasi di Songdo Central Park, Korea Selatan. Yang akan saya bahas disini adalah bagian kawasan pada Songdo Central Park. Songdo mempunyai luas kurang lebih 41 hektar. Oleh karena itu kelompok 3 dibagi menjadi 3 sub kelompok untuk 3 zona yaitu A,B dan C. saya kebagian zona C yaitu di dekat jalan layang atau bisa dilihat pada peta dibawah ini :





Berikut ini adalah peta pada Zona C : 





Songdo Central Park dekelilingi oleh bangunan tinggi yang mempunyai estetika yang bagus dan laut yang tidak berada jauh dari taman. Berikut adalah Blok plan pada Songdo Central Park :


Berikut adalah hasil foto pada kawasan Songdo Central Park Zona C ;






 Songdo Central Park termasuk kawasan yang sepi karena masih tergolong baru dan letaknya agak jauh dari pusat Korea yaitu Seoul. Namun taman ini cocok sekali untuk menjadi tempat refreshing dan untuk menghabisakan waktu bersama keluarga maupun orang-orang terdekat.  Dari foto diatas tampak skyscraper yang berjejer dan bangunan khas Songdo yaitu Tribowl.





jalan layang yang menjadi pembatas Zona C dan lainnya
.
.
.

 okee karena saya kebagian amatan pada zona C maka berikut ini saya akan menjelaskan apa saja hard material dan softmaterial pada zona C Songdo Central Park.



 tempat duduk santai yang ada atapnya untuk menghindari panas matahari. tempat ini juga cocok untuk menikmati bekal makan siang bersama keluarga.




tempat duduk santai pada pinggir danau menjadi spot yang bagus untuk bersantai sambil melihat view danau Songdo Central Park 





selain tempat duduk di pinggir danau, terdapat juga tempat duduk yang tak jauh dari danau. tempat ini juga tak kalah bagus




Area bermain anak-anak. Tempat ini akan sangat menyenangkan bagi anak-anak yang ingin bermain.





Toilet dan kantin untuk pengunjung 




jalan untuk pejalan kaki




Transportasi Air (Boat/Canoe, stand up paddle). Saat amatan belum beroperasi karena masih pagi hari 



lampu taman dan railing pembatas danau 



pohon yang berjajar rapih



rumput dan tanaman seperti cemara






Bunga yang mempunyai varian warna merah dan putih



 Menurut pendapat pribadi saya saat amatan pada zona C, zona ini yang paling jarang dikunjungi, seain karena akses kesini agak jauh dari yang lainnya.zona ini juga tidak ada bangunan iconic seperti tribowl pada zona A dan sclupture pada zona B. Namun zona ini akan menjadi tempat yang nyaman bagi yang ingin menikmati waktu sendirinya atau sekedar membaca dan membuat tugas mungkin.
secara keseluruhan Songdo Central Park adalah urban landscape yang sangat tertata dan rapih. tidak hanya hard materialnya tetapi juga soft materialnya ditata dengan rapih dan sangat fungsional.



















0 comments: