RUMAH SEMBILAN GARASI


Arsitek :  Takuya Tsuchida
Bangunan ini terletak di Shinagawa-tu, Tokyo. Bangunan rumah Takuya hanya berdiri di atas tanah seluas tak lebih dari 200 meter persegi. Namun di dalamnya dia bisa memasukkan sembilan mobil sekaligus, termasuk sebuah Lamborghini. Dia mendirikan tiga lantai dengan luas total mencapai
sekitar 300 meter persegi. Uniknya, Takuya bisa memaksimalkan gaya di antara ruang yang minim. Salah satunya adalah sebuah lift di garasi untuk mengangkat mobil ke ruang galeri. Rumah Takuya bukanlah bangunan mewah yang berdiri di atas tanah luas. Kota Tokyo tidak memiliki banyak ruang untuk mendirikan rumah tinggal. Terlebih bagi mereka yang hanya memiliki dana terbatas.










 

                                                               
Kesimpulan :


Untuk bangunan ini dalam tipologi 3 yaitu Komposisi (Durand (1908) menulis bahwa tujuan arsitektur bukanlah imitasi alam atau kepuasaan artistik tapi kenyamanan fungsional dan ekonomi) yang artinya adalah bangunan ini memiliki kenyamanan fungsional yaitu dengan lahan terbatas dapat di bangun rumah tinggal yang di dalamnya dapat menampung mobil-mobil (10 mobil) dan tidak mengurangi ruangan yang memang seharusnya terdapat di dalam rumah tinggal, dan tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan hanya untuk membuat garasi mobil.

0 comments: